Search by keyword: persiapan awal hamil, asam folat, indung telur

Penuhi Kebutuhan Asam Folat Sebelum Hamil
Posted By Prenagen
Jul 23 2013 1:51 AM
0

Banyak kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi oleh wanita yang sudah menginginkan kehamilan. Bukan hanya nutrisi ibu hamil saja yang harus dijaga, namun sejak mommy bersiap untuk melaksanakan program hamil. Banyak sekali yang menganggap hal ini sepele, namun perlu diketahui bahwa kondisi tubuh yang sehat akan mampu memberikan indung telur yang sehat.

Oleh karena itu, sebelum hamil mommy benar-benar harus menjaga kondisi kesehatan dengan memenuhi segala kebutuhan gizi yang diperlukan untuk memperbaiki tubuh dan juga memperbesar kesempatan untuk bisa segera hamil.

Salah satu kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan adalah asam folat. Perlu kita ketahui bahwa asam folat memang benar-benar berperan besar dalam membantu mendapatkan momongan. Fokus dari asam folat ini adalah untuk memberikan nutrisi terbaik bagi indung telur.

Apakah Asam Folat?

Mungkin banyak yang belum mengetahui secara detil tentang asam folat. Asam folat sangat berpengaruh pada metabolisme DNA dan kekurangan akan asam folat bisa menyebabkan gangguan.

Nah, asam folat sendiri merupakan vitamin yang juga larut dalam air dan dikenal dengan vitamin B9. Asam folat sangatlah penting dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Asam folat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa melawan gangguan pada sel darah merah, usus, servik rahim dan juga sel darah putih.

Untuk itu asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil ataupun bagi wanita yang menginginkan kehamilan agar indung telur yang dihasilkan berkualitas. Selain itu asam folat mampu menurunkan resiko gangguan metabolisme DNA yang bisa saja terjadi.

Makanan kaya asam folat yang bisa mendukung gizi kehamilan seperti sayuran berwarna hijau, kacang kering, buah-buahan seperti tomat dan jeruk, sereal, lobak cina, dan juga biji bunga matahari. Selain itu asam folat juga bisa didapatkan dari hati dan telur, serta juga dari produk yang terbuat dari gandum.

Perlu juga mommy ketahui bahwa asam folat itu sangat sensitif terhadap cahaya dan bisa larut dalam air sangat cepat. Untuk itu, agar bisa mengurangi hilangnya asam folat, maka lebih baik makanan-makanan tersebut disajikan dalam bentuk mentah, yakni seperti salad.

Indung Telur Berkualitas

Bagi wanita yang memang menginginkan kehamilan, paling tidak mereka membutuhkan empat bulan untuk mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat dengan memastikan konsumsi asam folat yang cukup.

Sebelum kehamilan kondisi tubuh haruslah diperbaiki dan dengan 400 mikrogram asam folat setiap hari, mommy bisa mencegah kemungkinan terjadi kelainan pada sel indung telur mommy.  Dengan indung telur yang sehat, maka berbagai masalah dengan janin akan bisa dihindari seperti bibir sumbing dan cacat lahir.

Mengonsumsi susu dua gelas setiap hari bisa memberikan asupan asam folat yang mencukupi dan hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan mommy.