Search by keyword: susah makan, anak makan, makanan anak, membuat charaben

Tips Membuat Charaben Agar Anak Gampang Makan
Posted By Prenagen
Aug 2 2013 4:14 PM
0

makanan anak


Anak mommy susah makan? Hal tersebut adalah masalah yang banyak dihadapi para mommy di Indonesia maupun negara lainnya. Akan tetapi, mommy dari Jepang menemukan cara untuk membuat anak mereka gampang makan dengan membuat makanan lebih menarik yang disebut Charaben.

Charaben Unik dan Lucu

Untuk membuat makanan anak yang berbentuk unik dan lucu atau disebut Charaben, hal penting pertama yang perlu diperhatikan adalah desain tampilan makanan. Bentuk binatang, kendaraan atau tumbuhan bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk desain makanan yang akan mommy sajikan untuk anak Mommy.

Akan tetapi, bila mommy ingin membuat Charaben lebih menarik, mommy bisa menggunakan bentuk karakter atau tokoh animasi favorit dari film anak yang disukai. Contohnya, bila anak mommy menyukai animasi Naruto, mommy bisa membuat makanan dengan desain wajah Naruto atau lambang ninja seperti yang terdapat pada ikat kepala Naruto.

Hal penting lainnya adalah pengutamaan satu jenis makanan dengan menggunakan desain. Karena banyak anak yang tidak suka makan sayur, maka akan lebih baik, bila sayur dalam Charaben dibentuk paling menarik. Mengambil contoh Naruto diatas, kita bisa membentuk sayuran menjadi wajah karakter dan daging dan nasi sebagai latar belakangnya.

Bila mommy ingin membuat Charaben untuk bekal anak, maka sebaiknya porsi dan desain ditentukan terlebih dahulu agar muat dalam kotak bekal anak Mommy. Dan akan lebih baik, bila mommy membuatnya sendiri, sehingga anak mommy akan terkejut dan senang saat membuka kotak bekal dan melihat desain yang mereka sukai. Cara ini dapat membuat anak lebih mudah makan.

Yang paling penting, pastikan makanan yang mommy buat menjadi Charaben mempunyai nutrisi dan vitamin yang tinggi dan juga bersih dan higienis. Sehingga, saat anak mommy memakannya, mereka akan mendapatkan semua kebutuhan nutrisi.

Contoh Resep Charaben

Ada banyak jenis dan tips membuat charaben yang bisa mommy gunakan. Berikut, salah satu contoh resep Charaben, yaitu resep beruang tidur :

  1. Persiapkan nasi putih, telur dadar, keju lembaran, wortel dan brokoli rebus, sosis dan chicken nugget. 
  2. Pertama, bentuk nasi putih dengan bentuk beruang. Tidak perlu membentuk seperti beruang sesungguhnya, cukup membentuknya seperti boneka beruang. 
  3. Pada bagian perut dan mulut, beri keju lembaran yang dipotong bulat. 
  4. Mata mulut bisa dibuat dengan memberi kecap. Sebaiknya saat membentuk langsung diatas piring agar lebih mudah penyajiannya. 
  5. Potong wortel rebus tipis-tipis dan taruh dibawah kepala beruang, sebagai bantal. 
  6. Taruh sosis dan chicken nugget disamping kanan dan kiri beruang sebagai guling. 
  7. Tutup badan beruang dengan telur dadar dan biarkan kepala beruang tidak tertutup.
  8. Letakkan brokoli disekitar beruang sebagai hiasan. 
  9. Untuk pemanis, mommy bisa membuat tulisan atau gambar lucu diatas telur dadar dengan saus tomat atau kecap.
  10. Charaben untuk anak mommy sudah siap disantap. Selamat mencoba.